Syuting pakai lensa berfocal length berapa saja, berikut penjelasannya


Setiap shooting pasti kebutuhan lensanya berbeda beda, Tergantung dari shot size yang di tentukan sebelum memulai shooting tersebut. Karena kalau kita sembarang menggunakan lensa pada saat shooting gambar yang dihasilkan akan distorsi. ⠀

Jadi setiap shooting kita selalu menyesuaikan dengan shot size yang mau kita ambil, misal kalau shot size nya wide angle, kita juga harus membawa lensa wide, seperti 16-35mm F2.8 nya canon, 24-70mm F2.8, dll. ⠀
Begitu seterusnya disesuaikan shot size. ⠀

Syuting pakai lensa berfocal length berapa saja, berikut penjelasannya

Focal length adalah kemampuan lensa dalam melihat dan mengambil suatu peristiwa. Biasanya focal length ditulis dalam satuan mm, 22mm, 50 mm. Semakin pendek focal length, semakin jauh jarak peristiwa dari lensa, semakin luas peristiwa yang dapat dilihat oleh lensa. Sebaliknya, semakin panjang focal length, semakin dekat peristiwa dari lensa, tetapi semakin sempit peristiwa yang dapat dilihat oleh lensa.

Panjang focal length berpengaruh terhadap aperture, fokus, dan intensitas blur. mari kita bahas sama-sama, apa aja sih pengaruhnya..

BACA JUGA : Jasa Video Shooting Bekasi

  1. Pengaruh focal length pada aperture

 

Jika focal length berubah, maka aperture ikut berubah. Misal pada lensa Canon 18-55mm, f/3.5-5.6 IS STM, jika kamu menggunakan focal length 18mm, maka aperture maksimal yang dapat kamu gunakan adalah f/3.5, tetapi jika kamu menggunakan focal length 55mm, maka aperture maksimal yang dapat kamu gunakan menjadi f/5.6. Cara kerja aperture yang berubah-ubah ini disebut aperture variable. Tetapi ada juga lensa yang memiliki aperture tunggal yang tidak berubah aperturenya ketika terjadi pergantian focal length yang disebut dengan aperture fixed/ aperture constant, misalnya pada lensa Sigma 18-35mm f/1.8 DC HSM Art.

 

  1. Pengaruh focal length pada fokus

Ada 2 jenis lensa, varifocal dan parfocal. Bedanya jika varifocal, ketika kamu sudah mengunci fokus pada focal length 35mm, dan kemudian merubah menjadi focal length 100mm, maka fokus yang sudah dikunci tadi menjadi tidak fokus dan kamu harus menyesuaikan fokus lagi. Tetapi pada lensa parfocal, kamu tidak perlu menyesuaikan fokus lagi ketika kamu mengganti focal length pada lensa.

 

  1. Pengaruh focal length pada intensitas blur

Intensitas blur pada foto (background dan foreground) dapat dipengaruhi oleh focal length. Semakin panjang focal length, semakin besar blur yang dihasilkan oleh lensa, demikian sebaliknya.

 

Nah Berikut Penjelasan Syuting pakai lensa berfocal length berapa saja, berikut penjelasannya Semoga Bermanfaat.

Jika Kalian Suka dengan Artikel ini Silahkan Like, Coment & Share Article ini. Salam Jepret Prodution.

 

By | 2020-06-26T18:06:07+07:00 August 28th, 2020|News & Blog|