Menentukan Ukuran FONT

Dalam sebuah karya desain, terutama yang berkaitan dengan produk, brand, promosi produk, packaging dan lain sebagainya pasti terdapat teks di dalamnya. Teks sebagai salah satu komponen multimedia memang bisa mendukung untuk memperjelas pesan yang akan kita sampaikan melalui karya desain grafis.

Teks bisa berbentuk sebuah kalimat sederhana hingga paragraf. Namun yang paling penting adalah bagaimana sebuah teks mampu menyampaikan pesan kepada yang melihat dan membaca. Ukuran Font pada sebuah desain ditentukan dari beberpa hal seperti, Bagaimana desain yang mau di buatnya, Seberapa besar ruang atau ukuran dari desain tersebut, jenis atau bentuk font yang akan di gunakan.

 

Ukuran font juga diliat dari mana yang kita akan mulai, perhatikan semua nya lalu mulai membenarkan font, sesuai dengan ketentuan yang baik, jangan asal memilih font karena font termasuk hal penting dalam hal pembuatan apapun. Bentuk dan ukuran huruf bawaan browser bisa kita tentukan dengan pengaturan di browser yang kita gunakan. Tapi, itu hanya berpengaruh untuk browser yg kita gunakan. Jika kita ingin menentukan jenis dan ukuran huruf yang muncul di browser orang yang membuka blog atau website kita, kita bisa menentukan jenis dan ukuran huruf dalam HTML dengan style CSS.
Properti untuk menentukan jenis huruf adalah font family. Ada 3 jenis kelompok font standar yang bisa digunakan dalam CSS. Berikut ini jenis font-font tersebut :

Menentukan Ukuran FONT
BACA JUGA : Jasa Video Shooting Bekasi

Serif

Sans-serif

Monospace

Selain itu jenis font bisa berupa nama font seperti Times new roman, Arial, Verdana, dll. Tapi, jika font yg dimaksud tidak ada di komputer pengguna, bisa jadi tampilan tulisan hasil kode HTML akan berantakan. Ketika Anda membuat dokumen Microsoft Word, ada bagian teks tertentu yang ukuran font perlu diperbesar atau diperkecil. Sebagai aplikasi dengan tampilan grafis (GUI), Untuk memperbesar atau memperkecil ukuran font, Microsoft Word telah menyediakan akses cepat di tab Home (1) pada kelompok Font berupa kotak tarik turun (drop-down box) Font Size berisi daftar nilai numerik (2) yang mewakili ukuran font. Akses cepat melalui kotak tarik-turun ini dapat dilakukan dengan bantuan alat input utama yaitu mouse.

Selain memperbesar atau memperkecil ukuran font melalui kotak tarik turun, Anda dapat merubah ukuran font melalui pintasan keyboard (keyboard shorcut). Pintasan keyboard adalah akses cepat melalui keyboard PC atau laptop yang digunakan. Ini dapat menjadi alternatif yang lebih cepat bila Anda ingin memperbesar atau memperkecil ukuran font. Anda dapat menyorot atau menyeleksi teks, memperbesar atau memperkecil ukuran font semua dengan keyboard.

 

Nah Berikut Penjelasan Menentukan Ukuran FONT Semoga Bermanfaat.

Jika Kalian Suka dengan Artikel ini Silahkan Like, Coment & Share Article ini. Salam Jepret Prodution.

 

By | 2020-06-06T06:20:43+07:00 June 8th, 2020|News & Blog|